Diskusi Rumah

Memilih Rangka Atap

Posted in Furniture, Rumah Tinggal, Tips by zidni on December 1, 2008

Sebelum melakukan pemasangan atap pada rumah, biasanya anda akan disibukkan dengan pemilihan rangka atap yang sesuai dengan rumah dan rencana pembangunan. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dijadikan perhatian dalam memilih rangka atap rumah.

Biaya pemasangan, rangka atap baja memiliki biaya pemasangan yang lebih murah dibandingkan dengan biaya pemasangan atap kayu, hal ini dikarenakan pemasangan atap baja cukup dengan menggunakan baut saja.

Harga bahan rangka atap, saat ini atap kayu yang dijual di pasaran umumnya berasal dari kayu muda, penggunaan kayu muda cenderung lebih rentan terhadap lapuk dan rayap. Namun rangka atap baja masih lebih mahal dibandingkan dengan atap kayu muda ini. Namun, dalam pemasangannya penggunaan bahan rangka atap baja lebih efisien karena telah dirangcang sebelumnya, sehingga pemakaian bahan lebih irit.

Daya tahan, ancaman gempa akhir-akhir ini akan mempengaruhi pilihan masyarakat dalam memilih rangka atap. Gempa Jogja beberapa saat yang lalu membuktikan bahwa rangka atap kayu lebih aman saat gempa, hal ini terlihat dari bangunan keratin yang terbuat dari kayu dengan sambungan pasak dan bukan paku.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: