Diskusi Rumah

KPR Plus BCA dan Bank Century

Akhir-akhir ini banyak bank menawarkan KPR dengan kelebihan dibanding KPR biasa yang berkisar di 12% per tahun dan jangka waktu pinjaman (tenor) 15 tahun. Kelebihan yang ditawarkan mulai dari tenor yang lebih lama, suku bunga KPR yang sampai 1 digit dan bukan lagi 2 digit, sampai dana siaga yang dapat diambil oleh nasabah sewaktu-waktu.

Berikut penjelasan singkatnya:

KPR BCA Dana Siaga

Dana Siaga yang ditawarkan oleh BCA adalah gabungan antara KPR dan Kredit Tanpa Agunan (KTA), lalu apa bedanya dengan mengajukan KPR dan KTA sekaligus? bedanya adalah ditingkat suku bunga. Jika di KTA biasa suku bunga yang dikenakan bisa sampai 30% setahun, maka dengan Dana Siaga suku bunga yang dikenakan adalah sama dengan suku bunga KPR, yaitu 10-12% setahun.

Tetapi mekanismenya berbeda dengan KTA yang langsung diberikan di awal uangnya, dengan Dana Siaga, nasabah akan diberikan rekening koran yang isinya adalah jumlah cicilan pokoknya setiap bulan (bukan cicilan bunganya), nanti dana rekening koran itu dapat diambil sewaktu-waktu, dan jika dana tersebut diambil maka dana yang diambil akan dikenakan bunga kembali.

KPR Century Deal

Bank Century menawarkan 3 tipe KPR Deal:

  1. KPR Deal 1, kelebihannya jangka waktu pinjaman sampai 25 tahun
  2. KPR Deal 2, jangka waktu pinjaman 10 tahun, kelebihannya cicilan bulanan hanya bunganya saja, pokok dapat dibayarkan diakhir
  3. KPR Deal 3, KPR plus Asuransi Penyakit, kelebihannya jika nasabah menderita penyakit parah, maka sisa cicilan akan lunas dan jika meninggal maka ahli waris dapat 30% cash back dari total pinjaman (cocok buat warisan :D)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: