Diskusi Rumah

40% Pembeli Apartemen Bersubsidi adalah Investor

Posted in Apartemen, Jakarta, KPA (Kredit Pemilikan Apartemen), Lokasi by zidni on April 29, 2008

Dikutip dari Kontan edisi 29 April 2008. Tiga dari empat proyek apartemen bersubsidi yang telah terjual sebanyak 70%, diperoleh informasi bahwa 40% pembelinya adalah investor. Apartemen bersubsidi yang selama ini diluncurkan oleh pemerintah untuk mengakomodir masyarakat berpenghasilan < 4 juta rupiah per bulan, ternyata hampir separuhnya dijadikan ajang investasi oleh masyarakat menengah atas.

Proses seleksi pembeli selama ini hanya berdasarkan KPR yang diajukan, akhirnya jika ada pembeli yang membeli secara tunai, maka pembeli tersebut akan dikenai PPN 10%, namun masih dapat membeli apartemen bersubsidi tersebut. Seharusnya aturan yang melarang pembelian investor ini diperketat sehingga lokasi strategis dan harga murah bukan malah dimanfaatkan oleh kalangan atas untuk disewakan atau dijual kembali.

Artikel Terkait:

Ringkasan Apartemen Bersubsidi

Lokasi Apartemen Bersubsidi (1)

Lokasi Apartemen Bersubsidi (2)

Lokasi Apartemen Bersubsidi (3)

          11 Responses

          Subscribe to comments with RSS.

          1. rasyid said, on May 1, 2008 at 9:32 pm

            Saya sendiri dari awal sangsi Apartemen bersubsidi itu akan tepat sasaran….
            seharusnya memang harus ada seleksi yang lebih ketat lagi untuk calon pembeli…kalo ga ya sama juga boong..
            masa kasih subsidi sama orang2 kaya juga…
            capeee dehhh….

          2. Forum Investor said, on May 2, 2008 at 10:09 pm

            sayang sekali kalau usaha pemerintah menjadi sia-sia.

          3. Jejak said, on May 16, 2008 at 12:51 pm

            Nih info bener apa?? Dapat darimana data 40%?? Jangan2 malah lebih dari itu?? :p

          4. hONORER said, on May 16, 2008 at 11:53 pm

            cape dech

          5. hONORER said, on May 17, 2008 at 12:03 am

            gw setuju ma rasyid :

            seharusnya memang harus ada seleksi yang lebih ketat lagi untuk calon pembeli…kalo ga ya sama juga boong..
            masa kasih subsidi sama orang2 kaya juga…

            Mendingan SUBSIDI buat BBM-premium aja kali, biar barang2 ga pd naek.. (YG KAYA PAKE PERTAMAX dong, KAGAK MALU APA???)

            gmana nasib gw yg cuma pegawai/TU honorer di SD yg gajinya…….%$&((&$#

            (KAPAN YG HONORER DI ANGKAT jadi PNS YA’ ??????
            gmana pak gubernur, kota lain udah kok??

            kalo bisa jg kasi ksempatan buat yg gajinya di bawah 2 juta buat punya tempat tinggal di kotaku tercinta ini… meskipun kreditnya harus 20 taon ato lebih..

            P-E-A-C-E

          6. PROUDLY PRESENT said, on May 17, 2008 at 1:52 pm

            emang sasaran awalnya KC untuk konsumen yang gimana sih>> berapa range gajinya?….

          7. The Hanafi said, on June 10, 2008 at 5:40 pm

            klo ga salah range gajinya sekitar 2.5 jt – 4 jt. Saya lihat dari teman yang beli salah satu apartemen di kalibata.

          8. budi said, on July 1, 2008 at 6:11 pm

            yoa.. betu banget.. secara DP nya juga mahal, cth: yg di kebon jeruk..
            gimana kita yg penghasilan dibawah < 4jt bisa ambil apartemen, ude full semua katanya.. secara kl murni 4 juta, pasti masih mikir cari DP-nya kemana.. itu yang gua rasarin sih..

            alhasil cari rumah di pelosok dgn harga dibawah 100-150 juta..

            emang di negara ini, byk yang gak tepat sasaran..

          9. […] 40% Pembeli Apartemen Bersubsidi adalah Investor […]

          10. Hamid said, on February 20, 2009 at 1:41 pm

            Seharusnya kalau tidak ketemu dengan pembeli yang memenuhi syarat (penghasilan pas2an 4 juta), pemerintah bertanggung-jawab dengan membeli dulu seluruh unit yang tidak terjual secara cash.

          11. benny said, on December 14, 2009 at 11:06 am

            karena akan pindah tugas keluar kota
            di jual 1 unit gading nias residences tower dahlia lantai 23 luas 35m2 2 kt 1 km
            status sudah lunas srtim april 2010 atas nama sendiri
            jual 180 juta
            yg serius bisa hub d 021-93692932


          Leave a Reply

          Fill in your details below or click an icon to log in:

          WordPress.com Logo

          You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

          Twitter picture

          You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

          Facebook photo

          You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

          Google+ photo

          You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

          Connecting to %s

          %d bloggers like this: