Diskusi Rumah

Unit Sample City Park Cengkareng

Posted in Apartemen, Jakarta, Lokasi, Rumah Tinggal by zidni on November 9, 2007

Apa kelebihan rusun City Park Cengkareng dengan rusun 1000 tower yang lain?, jawabnya adalah akses ke bandara dan fasilitas yang setara dengan apartemen premium. Terdapat tipe studio 24 meter persegi dengan listrik 900watt dan tipe 2 BR (Bed Room) 33 meter persegi dengan listrik 1300watt, sumber air bersih didapat dari PDAM, dengan bak penampungan di atap gedung.

petaCP.jpg

Fasilitas:

  1. Dekat dengan Waterboom Pantai Indah Kapuk
  2. Sarana olah raga (Kolam renangSports club, play ground dan jogging track)
  3. Sekolah, mini market, restoran dan ATM
  4. Akses ke halte Busway
  5. Security 24 jam

Akses:

  1. 1 menit akses tol dalam kota
  2. 5 menit ke puri/kembangan
  3. 10 menit ke bandara Sukarno-Hatta Cengkareng
  4. 10 menit ke Pluit
  5. 1 menit ke Pantai Indah Kapuk

denahCP.jpg

Tagged with: ,

57 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. yusy sriwindawati said, on January 21, 2008 at 3:48 am

    Aku udah ngambil yang type 2 kamar…lihat lokasinya seh lumayan strategis….udah mulai dari Juli 2007 pembayarannya…kalo gak salah selama setahun dech….

  2. agus_budijanto said, on May 9, 2008 at 4:14 pm

    saya ambil juga tower E

  3. Yuliana said, on May 28, 2008 at 2:38 pm

    Kalau ada yang berminat lagi untuk beli apartment di City Park ini, bisa langsung menghubungi : *Yuliana –> 98758115 / 0856-1351252 / 0819-05334697

    • lili said, on August 11, 2009 at 4:31 pm

      sistem pembayaran nya gimana ya? cash ? atau kredit ?
      please info nya… by email…

  4. annie said, on June 6, 2008 at 3:12 pm

    dijual/over murah apt city park tipe 2 kamar .hub 98083809

  5. tiana said, on June 18, 2008 at 4:14 pm

    city park oke ga seh ??

  6. anto said, on July 11, 2008 at 12:51 pm

    Tower Rusunami Cengkareng Tuntas

    JK Imbau Pasang Banyak Ventilasi

    BANYAKNYA rumah susun (rusun) yang berpindah tangan tak menyurutkan semangat pemerintah. Dua tower rusunami (rumah susun sederhana milik) program seribu tower di Cengkareng dipastikan siap dihuni. Rusun pertama program SBY-JK sejak dicanangkan 2007 lalu itu akan diserahte-rimakan Agustus nanti.

    Kemarin, Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama Menteri Negara Perumahan Rakyat Yusuf Asyari meninjau rusun bernama City Park itu. Kalla mengaku puas dengan hasil yang dicapai oleh Perum Perumnas karena rusun berlantai 12 itu merupakan rusunami pertama dari proyek 1.000 tower. “Akhirnya serah terima juga, ini sudah saya tunggu-tunggu,” katanya. Rencananya, City Park akan diserahterimakan atau siap digunakan konsumen mulai 8 Agustus nanti. Semua fasilitas sudah berjalan sebagaimana mestinya, tiap tower memiliki 2-3 elevator dan sistem sanitasi yang memadai.

    Keberadaan City Park diharapkan Kalla dapat mengubah gaya hidup warga Jakarta untuk tinggal di hunian vertikal dan tak lagi di landed house. “Jumlah lahan di Jakarta semakin sempit.” katanya. Mengenai fasilitas di luar sanitasi, Kalla mengatakan sudah memadai. Dia menyarankan agar ventilasi dimaksimalkan untuk mengurangi efek pemanasan global (penggunaan AC).

    Dalam kesempatan yang sama, Direktur Perum Perumnas Himawan Arif mengatakan, rusunami yang terdiri utas dua tower total ada 650 unit itu sebanyak 90 persen pemiliknya sudah lolos seleksi dari Bank BTN. “Semuanya bersubsidi, jadinya tepat sasaran untuk mereka yang berpenghasilan rendah,” kata Himawan.

    Sementara itu, Menteri Negara Perumahan Rakyat Yusuf Asyari optimistis selesainya rusunami City Park dapat menjadi pemicu selesainya rusunami lainnya. Rusunami Pulo Gebang milik PT Primaland kini tengah dibangun lantai kelima.

    “Semua menjanjikan Agustus ini kelar, tetapi kita lihat saja nanti,” harap Yusuf. Dia menambahkan ada investor yang tertarik membuat rusunami pendek (artinya hanya berlantai 6-7 lantai saja). “Lokasinya di Cengkareng juga di lahan 40 hektar,” katanya. Sayang, dia belum bisa menyebutkan investor yang berminat membangun, (vit)

  7. anto said, on July 11, 2008 at 12:52 pm

    BTN Cairkan KPR Rusunami Pertama

    Kamsari NERACA

    Jakarta – Bank Tabungan Negara (BTN) akhirnya mengucurkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) untuk Rumah Susun Sederhana Milik (rusunami) yang pertama sebanyak Rp 60 miliar.

    Demikian diungkap Direktur Utama Bank BTN Iqbal Latanro penyerahan bantuan BTN untuk pembangunan gedung sekolah Korban gempa bumi di Klaten yang dikelola Yayasan Nurani Dunia di Jakarta, Selasa (8/7).

    Menurut Iqbal, KPR tersebut untuk pembelian rusun sebanyak 600 unit yang dikembangkan PT Reka Rumanda di Cengkareng, Jakarta Barat. Harga tiap unit rusun tersebut sekitar Rp 100 juta per unit.

    Iqbal menyebut, sampai akhir Juni, realisasi kredit BTN mencapai sekitar 68 persen dari target KPR BTN sebesar Rp 10,4 triliun. “Kredit yang dikucurkan sekitar Rp 6,7 triliun. Sekitar Rp 1,8 triliun merupakan KPR bersubsidi,” jelas Iqbal.

  8. Kodok said, on July 12, 2008 at 12:11 pm

    Dear All,

    Salam kenal, gw juga udah lunas DP untuk tower H.
    Tinggal nunggu dari BTN aja neh…
    Optimis City Park akan jadi yang pertama…

    Tq
    Ngrokkkkkk….

  9. black russian said, on July 19, 2008 at 11:48 am

    gw berminat bgt ma city park…

    tpi mw nanya dunk??kira2 remaja umur 20 taonan kya gw boleh bli ga se!!!…
    tyus kira2 brp ya harganya??

    thx b4__

  10. anto said, on July 21, 2008 at 4:20 pm

    koq ga ada kabarnya yaa SP3K ku hik hik hik

  11. RICKY said, on July 22, 2008 at 6:22 pm

    SY JUGA BELI APARTEMEN CITY PARK…BELINYA SAMA YULIANA…PELAYANANNYA OKE DAN MEMUASKAN,KALO BELI BAIKNYA SAMA YULIANA(SARAN SAYA/BUKAN PROMOSI LHO).

  12. Nipu Park said, on July 26, 2008 at 8:35 pm

    aku sudah DP 20jt lebih. sekarang tau2 harus siapin 16-18jt buat akad kredit dan pengalihan hak, kasih taunya dadakan dan sebulan ini musti lunas, sejak awal gak dikasih tau tentang hal ini..klo dari awal sdh dksh tau mgkin gw gak bakal ambil nih rusun klo mmg gak mampu..klo mau batalin ilang 10jtan…cheat trap..nipu park…

  13. anto said, on July 28, 2008 at 10:54 am

    Sepertinya biaya notaris, akad kredit dan pengalihan itu sudah umum yaa
    seperti kita beli kendaraan khan ada biaya balik nama dan sebagainya

    emang sp3k nya udah di setujui yaa pak ??

  14. AROL!! said, on July 30, 2008 at 10:53 pm

    Sepakat dengan yang disampaikan Pak David. Kita perlu share dengan customer city park lainnya. Tapi kira2 gmn caranya supaya kita bisa akses customer lainnya supaya bisa share dan mengorganisasi diri?

    Buat Pak Anto memang wajar biaya2 ada, tapi nominalnya yang menjadi pertanyaan. Saya rasa bapak juga akan bertanya bila biaya yang dimaksud membengkak 200% lebih menjadi 16jt dari yang awal yang disampaikan sebesar 7.5jt. Mengingat proyek ini sebenarnya diutamakan untuk rakyat kecil (makanya disubsidi) dimana mempunyai tipikal yang price sensitive. Sedikit saja perubahan harga akan berdampak signifikan apalagi sampai dengan 200% lebih. Karena dengan penghasilan yang terbatas pasti sudah menghitung plan kemampuan dari awal. Seperti kasus dari Pak Nipu Park.

    Pak Nipu Park..saya bisa memahami yang anda rasakan, memang sangat disayangkan manajemen citypark tidak bisa memberikan informasi yang memadai dari awal. Sehingga terkesan ada jebakan ketika biaya yang harus dikeluarkan jauh diatas yang disampaikan dari awal. Mending kita gabung aja Pak seperti yang disarankan Pak David. Kita bisa share dan meminimalkan arogansi developer.

  15. Kim said, on July 31, 2008 at 11:14 am

    Setuju pak untuk usulnya mengorganisasikan diri. saya juga dah ambil di blok DA, dah lunas DP nya, skrg lg kumpulin data2 buat wawancara dengan BTN… mumpungan blm wawancara, mendingan kita kumpul dan membicarakannya dulu lbh lanjut.

  16. anto said, on July 31, 2008 at 1:34 pm

    yg ambil city park tower E, F G H sudahkah ada yg disetujui pengajuan kreditnya ??
    saya sudah 3 bulan yg lalu wawancara koq belum ada pemberitahuannya di acc atau engga yaa persetujuannya

  17. DAVID said, on August 1, 2008 at 11:37 am

    untuk yang belum wawancara bisa ditanyakan ke pihak bank mengenai masalah ini biar tidak kaget nantinya dan bisa ambil ancang-ancang bila developernya nakal

    untuk pak Kim bisa kumpul di situs seperti saya tulis diatas di bagian citypark sekalian bilang para kenalan yg ambil citypark untuk membahas masalah ini …….kapan ada waktu senggang kasih kabar

  18. Anton said, on August 1, 2008 at 5:38 pm

    Copy dari OKEZONE

    Selasa, 22 Juli 2008 16:05 wib
    Gading Nias Residence = Penipuan
    Gading Nias Residence = Penipuan

    Saya salah satu korban dari program Apartemen bersubsidi yang ternyata hanya mengobral janji-janji saja. Pada bulan Februari lalu, saya membeli satu unit apartement di Gading Nias Residence, sebagai tanda jadi saya membayar DP sebesar Rp5.000.000. Setelah itu, saya pun melaksanakan kewajiban saya dengan melakukan pembayaran cicilan setiap bulannya sebesar Rp7.200.000 selama tiga bulan. Salah satu janji dari developer adalah cicilan dapat diangsur selama 20 tahun dan jumlahnya hanya sebesar Rp900.000. Tetapi, ternyata pada saat saya mengajukan kredit di salah satu bank yang bekerja sama angsuran yang paling lama jangka waktunya hanyalah 15 tahun saja untuk apartment.

    Disitu saya merasa kecewa karena pengembang hanya membuat janji-janji palsu yang merugikan. Kekecewaan saya ternyata tidak sampai disitu, pada waktu saya telah mengajukan permohonan kredit di salah satu bank, saya bertanya dalam berapa lama saya akan diberikan kabar apakah kredit saya disetujui/tidak, pihak bank berkata 10 hari paling lama dan ternyata sampai sekarang pun saya tidak pernah mendapat penjelasan apapun dari pihak bank tersebut. Saya pernah mencoba untuk menghubungi, tetapi jawabannya selalu “sedang diproses,” kemudian akhirnya saya mencoba untuk beralih ke bank lainnya dan ternyata lebih mncengangkan lagi persyaratan yang diajukan oleh bank tersebut tidak sesuai dengan apa yang telah diumumkan oleh pengembang (syarat untuk mendapat subsidi KPA gaji Rp3.500.000 s/d Rp4.500.000) dan bank tersebut meminta batas minimum gaji adalah Rp7.500.000.

    Dari sini saja sudah bisa terlihat bahwa Gading Nias Residence tidak dipasarkan oleh pihak-pihak yang profesional dan bertanggung jawab. Karena merasa dipermainkan, akhirnya saya memutuskan untuk membatalkan pembelian apartemen tersebut (dari pada uang saya hanya dimakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab) dan lagi-lagi saya harus merasa kecewa karena dari uang yang sudah saya bayarkan tiap bulannya sebesar Rp21.600.000, hanya bisa dipulangkan sebesar 50 persen dan itu pun harus dipotong dengan biaya booking fee yang tidak dapat dikembalikan.

    Saya sungguh merasa sangat kecewa dengan pihak Gading Nias Residence, karena sepertinya hanya mau mengeruk keuntungan saja tanpa memperhatikan hak-hak konsumen.

    Saya menghimbau kepada orang-orang yang berminat, sebaiknya berpikir beribu-ribu kali sebelum memutuskan untuk membeli apartemen bersubsidi, karena itu hanyalah permainan dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

    M Apriliana
    Kelapa Gading, Jakarta
    08161427427 (fer)

  19. AROL!! said, on August 4, 2008 at 3:09 pm

    Wah masih carut marut juga implementasi dari program rusunami ini.
    Saya ambil di CITY PARK dan sudah disetujui dari Bank. Saat ini diminta membaya 8,5 jt biaya pengalihan hak, dan 7,2jt biaya akad kredit. Ada yang bisa share apakah memang wajar sampai setinggi ini? total bayar hampir 16Jt. Harus dibayar paling telat tgl 15 ini. Untuk Warga CITY PARK mari kita mengorganisasi diri.
    Untuk Pak David kira2 kapan kita bisa segera kumpul dengan penghuni lain untuk memperkuat bargaining power kita?

  20. Tony said, on August 4, 2008 at 3:31 pm

    Saya ingin mengoper unit type 2 kamar Tower A lantai 9 serah terima kunci 8 Agustus 2008. Hubungi 021-99141333

  21. budi said, on August 5, 2008 at 10:06 pm

    btw gimana kelanjutan-nya neh.. mengenai pertanaya @AROL.. biaya segitu emang normal yah.. mksdnya memang seharus-nya dikeluarkan utk biaya apartemen manapun?

    btw numpang tanya dong.. ambil over kredit sistem-nya gimana jd-nya? mesti keluarkan dana buat balik nama? terus mesti ajukan NPWP seandai-nya belum ada atau nerusin dari penjual saja..

    pls advice..

    thx before,
    budi

  22. budi said, on August 5, 2008 at 10:09 pm

    btw ketinggalan,

    buat yang mau over kredit bisa pm penawaran ke buddianto@gmail.com
    phone 93351903, pembeli serius

  23. budi said, on August 5, 2008 at 10:12 pm

    waduh ketinggalan lagi..

    kalau city park ini, tanahnya milik developer or pihak ke-3. masa pakai bangunan brp tahun yah? setelah abis pemakaian gimana yah

    thx before,
    budi

  24. andri said, on August 27, 2008 at 5:26 pm

    Guys,just sharing aja sih…
    Kl gue ga merasa ketipu cmn rada kesel aja karena pas pertama beli , marketing nya bilang kl tembok nya bisa di jebol , oleh karena itu gue n pacar gue ambil 2 unit bersebelahan.
    Tapi….ga tau nya setelah udh lunas DP dan ditanyakan kembali, dari pihak Citypark bilang kl tembok nya tidak bisa di jebol..
    Emang kesel seh gue,tapi apa boleh buat…
    Ada saran?
    thx

  25. vie said, on August 27, 2008 at 10:53 pm

    setuju tuh sm Arol!! secepatnya warga citypark mengorganisasikan diri, sebagai ajang ngumpul & tempat sharing penghuninya. klo u/ biaya sertifikat, balik nama, akad, dll. masih dlm batas wajar koq. Krn setau saya biaya BPHTB aja itu 5% dari nilai property artinya sekitar 7 juta-an (U/ yg 2 kmr) + by. sertifikat + angsuran 1, dll.
    ada premi fire nya juga lagi, tp hrs diperjelas juga tuh u/ premi firenya. pertanggungannya seperti apa?? yang di klaim itu kebakaran yg sifatnya spt apa??
    klo ada mengerti tentang premi fire nya, tolong dijelaskan. Thx

  26. wati said, on September 2, 2008 at 3:41 pm

    Ada informasi ngk mengenai serah terima kunci u. blok B thanks

  27. ssy said, on September 8, 2008 at 3:57 pm

    dari comment diatas banyak yang merasa kecewa n tertipu dengan biaya biaya pengalihan hak dan akad kredit……kenapa tidak dari awal saat konsumen akan dp apartemen tersebut di kasih tau….sudah terlanjur dp dan mo meneruskan cicilan dari BTN baru di kasi tau akan biaya ini itu……ini kan apartemen subsidi pemeritah tapi tetap aja menyusahakan dengan muncul nya biaya ini itu yang tidak di kasih tau dan di bahas dari awal pemasaran apartemen city park….

  28. yenny said, on September 9, 2008 at 12:31 pm

    saya mau jual cepat..apartemen city park Lt 15 Blok DB,2 bed room, view city, ganti uang DP saja. urgent urusan keluarga mendadak…
    bagi yang berminat bisa menghubungi yenny =081519993678/021-93103377.Thx….ALL

  29. andy said, on September 9, 2008 at 1:21 pm

    tips beli apartment bagian 1

    Anda kebelet ingin beli/investasi di apartemen? Atau tergiur dengan slogan Back to City? Atau anda sudah melakukan pembayaran bertahap terhadap property khususnya apartemen? Baca dulu artikel yang satu ini, karena keputusan apapun yang anda lakukan setelah membaca artikel ini, bisa menyelamatkan ratusan juta uang anda. Daripada nonton tv yang isinya menayangkan mengenai marketing apartemen, mendingan baca ini dulu deh. Artikel ini kita bagi dalam dua bagian, bagian pertama diperuntukkan untuk calon konsumen yang hendak membeli apartemen yang belum jadi dan bagian terakhir tips bagi calon konsumen yang hendak membeli apartemen dalam keadaan sudah jadi.

    Biasanya tips pertama dalam membeli apartemen adalah cermati track record (jejak rekam) penyelenggara pembangunan. Nah, anggap saja anda tidak tahu track record penyelenggara pembangunan tersebut, hanya sebatas tahu dari iklan-iklan di media cetak dan televisi, berarti anda perlu tahu juga sisi lain dari penyelenggara pembangunan tersebut. Cara paling mudah dalam mengetahui track penyelenggara pembangunan khususnya di bidang apartemen adalah dengan menghubungi APERSSI. APERSSI ini adalah singkatan dari Asosiasi Penghuni Rumah Susun Seluruh Indonesia. Asosiasi ini didirikan oleh para pemilik apartemen dimana visi dan misinya adalah sebagai berikut.

    “Visi kami adalah, menciptakan kehidupan aman dan harmonis di Rumah Susun di Indonesia, dan itu akan dapat terwujud bila semua stakeholder Rumah Susun menjunjung tinggi UU dan PP. Oleh sebab itu, misi utama APERSSI adalah menjadi mitra pemerintah dalam mengawal UU dan PP tentang Rumah Susun agar semua stakeholder mendapat jaminan kepastian hukum.”

    Jadi APERSSI ini didirikan oleh para pemilik apartemen yang merasa perlu adanya asosiasi ini akibat adanya tindakan penyelenggara pembangunan yang melanggar aturan hukum, sehingga bisa dipastikan kalau bertanya ke APERSSI, jawaban yang diterima adalah jawaban yang berasal dari konsumen tanpa ada pesan sponsor. Nih alamatnya, catat yah:

    Apartemen Mangga Dua Court, West Tower 1503,
    Jl.Mangga Dua Dalam,
    Jakarta Pusat-10730,
    Telepon 021-6129013 , Fax. 021-6128659

    dan ini adalah pengurusnya: Ketua Umum Bapak Ibnu Tadji HN; Sekretaris Jenderal Bapak Aguswandi Tanjung; Ketua Bidang Operasional & Humas Ibu Ir.Diana C.Pondaaga MM.; dan Ketua Bidang Kelembagaan Bapak Hariadi Darmawan.

    So tunggu apalagi, buruan deh telpon mereka dan tanya track record penyelenggara pembangunan dimana anda berminat membeli apartemen tersebut.

    Setelah kita lakukan hasil pengecekan APERSSI, sekarang kita lanjutkan dengan aspek legalitasnya. Hal pertama yang perlu dicek Hak Guna Bangunan dong (biasanya apartemen itu dibangun oleh perusahaan, jadi hak atas tanahnya hanya berupa HGB). HGB-nya sudah ada belum? Masak bangun apartemen di atas tanah yang gak ada HGB-nya. Setelah anda tahu detail HGB dari tanah dimana apartemen tersebut dibangun maka jangan lupa datang ke kantor BPN dimana apartemen tersebut hendak dibangun. Apabila anda buta soal pengecekan HGB, anda minta saja ditemani Notaris datang ke kantor BPN, tanya Notaris yang anda sewa itu dengan pertanyaan-pertanyaan seputar HGB. Hal terpenting yang anda mesti tahu, darimana HGB tersebut berasal? Dari Tanah Hak Milik (bekas punya penduduk yang punya SHM atas tanah dimana apartemen tersebut dibangun, tentu saja penduduknya tersebut digusur dulu, gusurnya bukan gusur paksa yah), dari Tanah Hak Pengelolaan Lahan (artinya lahan ini punya pemerintah) atau Tanah Negara. Anda simpulkan sendiri yah dari hasil pengecekan HGB tersebut apakah lahan tersebut layak untuk anda tempati.
    Kalau perlu tanya juga, apakah HGB apartemen tersebut sedang dalam penguasaan Bank atau pihak lainnya? Kali-kali aja penyelenggara pembangunannya meng-agunkan HGB tersebut ke pihak lain.

    Setelah itu anda cek HGB ke BPN dan anda puas dengan hasil pengecekan tersebut, baru deh surat-surat yang lain seperti Ijin Prinsip, Surat Ijin Penggunaan Peruntukan Tanah (SIPPT), dan Surat Ijin Mendirikan Bangunan (IMB), anda minta salinannya tuh dari penyelenggara pembangunan. Masak minta salinannya aja gak boleh? Jika penyelenggara pembangunan tidak mampu menunjukkan legalitas atas properti yang dibangunnya, berarti telah menunjukkan iktikad buruk. Setelah dapat salinannya, jangan lupa untuk cek lagi keabsahan surat-surat tersebut ke masing-masing instansi yang mengeluarkan surat tersebut.

    Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah lokasi. Ingat dong 3 golden rules dalam pembelian property: lokasi, lokasi dan lokasi. Perhatikan lokasinya. Apakah berada di kawasan banjir ataukah dengan dibangunnya apartemen ini, lokasi di sekitarnya berpotensi banjir. Hindari membeli properti yang dibangun di atas lahan konservasi atau catchment area. Untuk calon pembeli yang bermotif investasi, lokasi strategis harus menjadi pertimbangan utama. Biasanya nih yang lagi nge-trend sekarang adalah one stop for everything. Jadi dalam satu area ada yang namanya Mal, Kantor dan Tempat tinggal. Sekilas sih tujuannya untuk memanjakan konsumen, tetapi tahukah anda peribahasa ini “The devils is in details and to ignore it totally not bring you a bliss” berlaku dalam hal ini?

    Boleh deh ditanya sama teman-teman yang udah beli apartemen dan jadi satu dengan kawasan komersial. Bete abis! Mau masuk apartemen aja jalanannya udah macet gara-gara mobil antri mau masuk mall. Akses masuk ke tower apartemen sudah dipisahkan tetap aja macetnya gara-gara mal yang jadi satu kawasan dengan apartemen. Itu baru satu dari sekian banyak problematika kalau hunian dicampur sama non hunian. Peruntukannya aja udah jelas-jelas beda, yang satu mau tidur, yang satu lagi mau dugem, gak bakal nyambung man! Perhatikan juga aksesibilitasnya. Mudah dijangkau atau harus melalui jalur-jalur padat kendaraan. Perhatikan juga kondisi infrastruktur jalan dan moda transportasinya. Apalagi kalau lahan parkirnya terbatas, bisa-bisa tempat parkir untuk penghuni dipakai oleh pengunjung mal tersebut.

    Setelah track record penyelenggara pembangunan, aspek legalitas, lokasi dan akses, apa lagi yang perlu diperhatikan? This is the last section but the most important thing, because this is the place where the devils exist. Biasanya apartemen itu dipasarkan dengan cara penjualan dengan pemesanan, jadi apartemennya belum jadi, kita udah bisa memesan, tentunya dengan membayar DP dahulu dan diikuti dengan pembayaran bertahap setelah itu bisa dilanjutkan menggunakan KPA atau langsung anda lunasi. Pastikan anda mendapatkan surat yang berisi mengenai perjanjian perikatan jual beli (lazimnya disingkat dengan nama PPJB) sesudah anda membayar DP atau cicilan pertama dan jika anda tidak mendapatkan PPJB ini, jangan teruskan cicilan anda! Lebih baik uang anda hilang sebesar DP/cicilan pertama daripada uang anda hilang sebanyak harga jual apartemen tersebut. Kalau perlu, minta PPJB sebelum anda memesan! Masak loe mau jualan apartemen, PPJB gak loe siapin. Udah jelas-jelas PPJB itu penting banget. Apa mau PPJB-nya disiapkan oleh konsumen?

    Setelah anda dapat PPJB tersebut, baca klausulnya baik-baik. Jangan khawatir, Pemerintah sudah mengeluarkan contekan soal PPJB. Judul contekannya adalah Keputusan Menteri Negara Perumahan Rakyat Nomor : 11/KPTS/1994 Tentang Pedoman Perikatan Jual Beli Satuan Rumah Susun. Bohong tuh penyelenggara pembangunan yang bilang, PPJB diberikan ke konsumen setelah cicilan lunas. Jadi sambil baca PPJB versi penyelenggara pembangunan, baca juga PPJB versi Pemerintah. Biasanya sih, PPJB versi penyelenggara pembangunan itu tidak menjunjung tinggi keadilan di kedua belah pihak. Berat sebelah gitu maksudnya, lebih menguntungkan penyelenggara pembangunan doang. Kalau sudah begini diperlukan teknik negosiasi antara anda dengan penyelenggara pembangunan untuk saling kompromi isi PPJB. Minta bantuan saja ke pengacara untuk me-negosiasikan isi PPJB ini.

    Setelah terjadi kompromi antara anda dan penyelenggara pembangunan maka langkah selanjutnya adalah anda siapkan klausul yang isinya meminta penyelenggara pembangunan untuk mematuhi UU No 16 Tahun 1985 dan PP No 4 Tahun 1988 di PPJB tersebut, berikut sanksinya apabila penyelenggara pembangunan tidak mematuhi kedua peraturan tersebut. Suruh direktur utamanya untuk tandatangan. Kalau tidak mau tandatangan, gak usah beli apartemen yang dijual oleh dia, karena isi dari kedua peraturan tersebut menjamin kepuasan anda tinggal di apartemen yang anda beli. Penyelenggara pembangunan itu warga Indonesia kan? Sebagai warganegara yang baik gak usah takut dong untuk menanda tangani PPJB yang ada klausul tersebut. Toh isi klausulnya gak neko-neko, cuma diminta patuh terhadap isi dari UU No 16 Tahun 1985 dan PP No 4 Tahun 1988, tetapi ada sanksinya juga kalo gak patuh.

    Waduh susah amat yah mau keluar uang untuk beli apartemen. Yah memang begitulah kondisinya kalau di Indonesia, makanya jangan heran kalo banyak orang Indonesia yang beli apartemen di luar negeri. Disana kan hak-hak konsumen dilindungi oleh Pemerintah setempat dan dijunjung tinggi oleh penyelenggara pembangunan. Sedangkan disini, jauh panggang dari api, udah gitu tricky banget lagi. Sebenarnya kerepotan ini berlaku universal kok terutama di dunia investasi, kalau anda ingin menjadi investor, yah siap-siap untuk repot sebelum anda keluar uang untuk investasi. Kalau anda tidak mau repot, cuman dengar kiri kanan, celingak celinguk, ikut kata orang, terbujuk rayuan marketing yah nasib anda bisa sial seperti investor di Dressel Investment Limited itu.

    Oh ya, satu lagi, sekarang kan Pemerintah sudah mau membangun rusunami di berbagai daerah di Indonesia, bagi anda yang sudah berpenghasilan jauh di atas kriteria yang ditetapkan oleh Pemerintah untuk membeli rusunami tersebut, mbok yah, jangan dibeli. Berikan kesempatan kepada masyarakat yang penghasilannya sesuai dengan kriteria tersebut untuk membeli rusunami itu. Kan kasian kalau mereka mau beli tetapi rusunaminya sudah gak ada lagi gara-gara diborong sama orang yang notabene lebih mampu. Belilah flat/apartment/condominium/rusunami jika memang anda memerlukannya.

  30. Kevin said, on October 10, 2008 at 12:22 pm

    Sekedar sharing. Saya juga mengambil ditower D dan saat ini tinggal membayar biaya yg 8.5jt + 7.5jt ( yg kata orang2 sih emang biaya nya segitu dan setiap beli apartemen pasti ada biaya2 itu ) tgl 19 okt ini. mudah2an ga ada biaya2 lain2 lagi deh. bangunan sih sampai saat ini terus naik yah seinget saya terakhir kesana sudah sampai lt. 10 (u/ tower D).

  31. mike said, on November 6, 2008 at 2:25 pm

    kalo ada yg butuh or tertarik apt city park bisa hubungi gw….
    gw mo jual yg tipe studio nich…
    or mampir aja lsg ke lapak gw….
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=736133
    thanks….

  32. me said, on November 17, 2008 at 1:22 pm

    Hi, all,

    Ingin bertanya, saya sudah mengambil tower H dan dp udah lunas sejak sekitar bulan maret lalu, tapi sampai sekarang belum ada beritanya. Belum survey ke kantor, apalagi akad kredit. Apakah diantara semuanya ada yang mengambil tower h yang sudah disurvey atau sudah disetujui kreditnya?

    Mengenai organisasi warga city park, kalo sudah ada saya juga ingin ikut donk. Saya juga merasa berat dengan ketentuan membayar biaya peralihan dan sebagainya yang setinggi itu, karena dulu saya sudah pernah bertanya beberapa kali kepada marketingnya, dan saya mendapat jawaban bahwa karena ini kan apartemen subsidi pemerintah bukan apartemen mewah, jadi kira2 biaya yang perlu disiapkan tersebut kecil lah paling juga 3 jutaan. (Biaya selain dp dan cicilan).

    Kemudian juga, menurut yang saya baca kita juga mendapatkan subsidi dp sekitar 6 jutaan, tapi kok gak ada, ya. Mungkin ada yang mengerti? thanks.

  33. cewe sedih said, on November 20, 2008 at 10:40 pm

    saya juga merasa keberatan karena 15jt yang harus di bayar harus disediakan dananya hanya dalam waktu 2 minggu dan kalo tidak bayar akan dibatalkan maka uang DP yg saya masukan harus hilang sebesar 50% karena tidak tersedianya dana mao tidak mao saya harus jual mobil karena dana nya sudah saya habis kan untuk DP sebesar 45jt. 45jt DP itu karena saya ingin mengambil waktu cicilan yg berjangka 7thn taunya mala kelibet utang sana sini….pertamanya dikira apartemen yg bersubsidi dapat membantu meringankan saya tp nyatanya mala memberatkan saya. dari awal pun pihak city park tidak memberi tahukan diterima apa tidak nya akat kredit karena tampa wawancara dari pihak bank, tiba2 skrng meraka bil bahwa akat kredit saya ditrima dan harus segera menyiapkan dana sebesar 15jt ini…menurut sudara2 kira2 apa yg harus saya lakukan untuk kedepannya apakah akan lebih terjerumus lagi atau tidak karena skrng saya sudah habis2an…tolong coment nya

  34. cewe sedih said, on November 20, 2008 at 10:50 pm

    oh iya aku jg lupa.. setelah akad kredit ini kan rencananya aku mao over kredit tp kata pihak city park tidak bisa over kredit dan ganti nama setelah 5thn cicilan baru boleh pindah tangan lg apa itu bener.??? kalo saya ga punya dana lg untuk melanjutin gmn yah T_T

  35. yuli_CA said, on November 27, 2008 at 4:37 pm

    Dear all,
    diskusinya menarik banget, saya juga pemilik unit di CITYPARK yg ud masuk ke periode akad kredit. soal dana 16 juta, saya udah terlanjur masuk tapi karena memang hal itu sudah saya ketahui dari awal. Marketing saya dulu ud kasih tau soal itu, cuma berita terakhir mengenai Unit yang kita miliki SAMA SEKALI TIDAK BOLEH DIJUAL/DIOVER KREDIT/BALIK NAMA ( KECUALI NAMA YG AKAD KREDIT ) SELAMA 5 TAHUN itu BENAR ADANYA!! saya diberitahu hal itu oleh seorang notaris yang membeli unit juga di city park. so jadi kalo udah pada ngebentuk organisasi penghuni saya juga mau ikutan dong. email ke yuliana.kurnianingsih@gmail.com.

  36. lina said, on January 13, 2009 at 3:54 pm

    Saya juga suda beli apartment city park tower DA.
    Ada yang punya info, sudah jadi sampai lantai berapa yah??
    Trus kira2 serah terimanya kapan yah??
    Soalnya marketingnya ditelpon sudah tidak ngangkat.
    Thanx.

  37. Gunawan said, on January 13, 2009 at 9:46 pm

    saya mau jual di tower dahlia ..lt.5 2kamar.. cicilan 1.750rb sudah berjalan kurang lebih 6 bulan…yang serius bisa sms ke 0819 298 77775

  38. phillip said, on January 27, 2009 at 10:04 pm

    dijual apartemen 2 km Tower C serius hub saya di :021-975-13111 view Taman & kolam renang

  39. lindrawati said, on January 29, 2009 at 8:50 pm

    mau oper uang muka kredit apartement 2 km towercc no 23 serius hub 02192933338 0811153883

  40. XcalvieR said, on March 6, 2009 at 9:50 am

    http://groups.yahoo.com/group/CityPark_ID/

  41. Wenny said, on August 30, 2009 at 7:37 am

    Saya mau over kredit apartemen city park tower H lantai 10.
    Cukup ganti DP nya saja sebesar 14jt, karena blm akad kredit.

    Kalau berminat bisa email ke wenny@ams.co.id ya. Thanks…

  42. Terry said, on September 10, 2009 at 6:37 pm

    seru juga yach ikuti diskusi di sini. Gw juga ambil satu unit dua kamar di tower B. Tapi koq masih sepi yach????

  43. Halim said, on September 26, 2009 at 8:18 am

    Mau di jual Unit Apartment Type 2 Kamar di DA, Lantai 5, View nya bagus ke kolam renang dan taman.
    Jual harga saya beli – kagak di untungin dech, nanti bukti-buktinya bisa di tunjukan🙂. harga sekitar 187 jt an.
    yang berminat bisa kontak ke 021 – 92699888 ( Halim )

    nah karena belum balik nama, bisa langsung dari developer ke nama kamu yang mau beli. cuma bayar biaya administrasi ke developer sekitar 2jt. cuma bisa sampai akhir oktober 2009.

    Thanks

  44. FB said, on October 30, 2009 at 4:19 pm

    ngeri euy belum keliatan gedungnya sich

  45. FB said, on November 2, 2009 at 3:22 pm

    menurut penelitian Gading Nias Residences di jl Pegangsaan 2 No.3 kelapa gading adalah rusunami terbaik.

    smua fasilitas lengkap
    sedangkan org yg marah2 dan jelek2in gading nias itu tidak lain adalah org yg mengajukan kredit ke bank tapi permohonan kredit nya ditolak, dan setelah ditolak dia tidak mau coba ngajukan ke bank lain or tidak mau pakai cara pembayaran lain,

    sedangkan di PPJB tertulis jelas bahwa semua apartemen di amanpun pasti klo kredit ditolak sama bank dan pemohon tidak mau berusaha melanjutkan, ya tentu saja uang yg sdh masuk dipotong 50%

    Klo tidak donk smua org bs main2 dan semaunya, enak banget klo uang udah amsuk bs ditarik full semaunya

    ya salah sendiri donk knapa tuh org KPA ditolak bank, malah mengundurkan diri, ya dipotong lah 50%

    DIMANA MANA JUGA BGITU, hehehhe

    makanya klo gak mau repot , beli aja CASH

    Klo mau kredit mesti sabar dikit

    Udah ngutang masak mau maksa…ya kan…

  46. FB said, on November 2, 2009 at 3:25 pm

    Skr harga Gading Nias uda 200-250jutaan

    smua unit 14 tower HABISSSS gak tersisa, itu buktinya klo Agung Podomoro berkualitas dan produk2 apartemennya bagus2,

    pembeli kan gak bs dibohongi

    Liat aja penjual Gading Nias sampai kehabisan stok gitu malahan…diborong habis2an sama pembeli, padahal ada 14tower, smua habissss

    ga percaya ? sialhkan cek langsung dah…

    makanya klo beli yg developernya terpercaya Agung podomoro Group / Gading Nias, jgn yg lain

  47. Herman said, on November 2, 2009 at 7:45 pm

    Saya mau jual apartemen saya di city park, blok CB lantai 7 no.10, viewnya menghadap jalan kapuk. Dua kama, luas 33 m2. harga nego. Berminat silakan hubungi 94519904/081519776808

  48. wuih said, on November 3, 2009 at 11:52 am

    waduh om, ga brani deh klo city park mah,
    -balkon gak ada
    -air PAM gak ada
    -banyak yg gak ada

    daerahnya juga jauh tidak strategis

    Saya cuma mau beli klo yg developernya Agung podomoro itu udah pasti bagus,

    klo bukan APG mah ga berani dah

  49. wuih said, on November 3, 2009 at 11:54 am

    Situ nyesel de ga beli di gading nias sih, harga sama tapi fasilitas sangat lengkap dan lokasi amat strategis
    stoknya skr uda habis, uda dibeli org semua, yg skrg lg dipasarin yg tidak subsidi yaitu emerald dan garnd emerald
    harganya daerahj situ skrg uda naik tuh jd 200jutaan,

  50. Jaja said, on January 3, 2010 at 9:38 am

    Dijual RUSUNAMI City Park, Cengkareng.
    Tower A lantai 2 no.10
    Type 33 m2, 2 kamar
    Harga terjangkau, berminat bisa menghubungi 021.5034.0067/ 0878.8532.2090

  51. Lily said, on July 14, 2010 at 12:57 pm

    Dijual RUSUNAMI City Park, Cengkareng.
    Tower H lantai 11 no.51-52
    2 unit berdampingan. Type studio 24m2
    Unit sudah direnovasi sedikit dengan dibuatkan pintu ditengah-tengah, jadi
    unit satunya bisa dibuat kamar dan satunya lagi bisa untuk ruang tamu dan dapur
    Harga terjangkau.
    Berminat serius bisa menghubungi Lily 0818 910 119 / 021 9520 9111

  52. hsia said, on October 14, 2010 at 9:19 am

    Di oper unit di City Garden. Sudah bayar DP plus uang view ada kwintasi lengkap dan bukti lengkap. Total yang sudah dibayar 39.5 jt. tinggal akad kredit.

    Unit ada di lantai 8 hadap City Park.

    Mau dioper 35 jt saja, nego.

    Untuk yang berminat bisa hubungi:

    Ibu Siu Fang
    021-70773350

  53. Raharja said, on June 19, 2011 at 7:40 pm

    Saya mau jual Apartemen City Park Cengkareng,. Luas 33 M,…. 2 kamar tidur,… 1 kamar mandi,. ruang tamu dan dapur,…! Tower A lantai 2 no.10,…! ( Ada AC,..Sofa,…single bed ) Rp 175 juta telp : 37381279

    • erika said, on February 27, 2014 at 11:31 am

      mau tanya apakah apartemennya sudah laku terjual?Jika belum mau tanya berapa harga jualnya?

    • Inge said, on October 31, 2015 at 10:13 pm

      Saya mau jual city park tower E 11 harga nego, jual cepet luas 36 M, 2 kt, 1 km, ruang tamu dan dapur, masih standard Dr serah terima hanya ada AC 1 bh hub: 93003773

  54. Inge said, on October 31, 2015 at 10:09 pm

    Saya mau jual city park tower E 11 harga nego, jual cepet


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: